4 Garansi Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli HP !

Topsell – Biasanya jika membeli suatu elektronik seperti smartphone, laptop, kamera, dan lain sebagainya umumnya kita akan mendapatkan sebuah jaminan dari barang yang kita beli tersebut. Jaminan itulah yang biasanya disebut dengan nama “Garansi”.

Garansi bisa diklaim jika barang yang sudah kita beli mengalami kerusakan atau terjadi masalah lainnya, namun kerusakan barang tidak terjadi oleh perbuatan penggunanya atau “human error” sepeti barang jatuh, terkena air, patah, dan lain sebagainya.Garansi baru berlaku ketika memang produk cacat, misalnya saat membeli smartphone lalu beberapa hari dipakai layar tiba-tiba mati. Kejadian semacam itu bisa diklaim garansi, dan biasanya toko akan melakukan pergantian unit baru, pergantian spare part, dan lain sebagainya tergantung dari pihak penjualnya..

Garansi tidak hanya satu macam saja, tetapi banyak macamnya dari garansi resmi, garansi toko, garansi distributor, garansi personal, garansi 1 x 24jam. Nah, yuk ulas pengertian macam-macam garansi ini.

1. Garansi Resmi

Garansi resmi biasanya ditunjukan pada produk ponsel yang sudah memperoleh garansi pemegang merek atau produsen di negara kita saja jadi tidak bisa diklaim di negara lain.

Garansi resmi ini banyak disukai banyak orang karena jangka waktu yang siberi cukup lama dari 1 sampai 3 tahun dari waktu pembelian barang.

2. Garansi Toko

Garansi toko bisanya diberikan oleh penjual untuk pembeli. Jadi garansi ini hanya berlaku hanya di tempat beli barang saja. Toko pun memberi waktu garansi yang bisa dibilang singkat, misalnya satu hari, tiga hari atau sampai satu minggu lebih dari itu biasanya toko tidak berani. Tetapi beda dengan toko ponsel TOPSELL, berani memberi garani PJKA (Pecah, Jatuh, Kena Air) bisa diganti dengan barang yang baru dengan syarat ketentuan berlaku.

3. Garansi Distributor

Garansi distributor sering kita dengan terutama didunia HP, karena harga barang garansi satu ini biasanya relatif lebih murah dengan barang yang menggunakan garansi resmi. Untuk tempatnya sendiri sangat terbatas, karena tidak seperti garansi resmi karena biasanya tempat distributor yang cenderung hanya ada di beberapa kota besar saja. Kalo boleh kasih saran mending cari yang resmi saja deh.

4. Garansi Global

Garansi global atau yang juga dikenal dengan sebutan garansi internasional adalah salah satu garansi resmi yang boleh dibilang paling baik dibandingkan dengan jenis garansi lainnya. Dengan garansi global kita bisa mengklaim garansi dari sebuah produk di negara mana saja, asalka n negara tersebut termasuk dalam wilayah cakupan dari perusahaan pembuat produk.

Misalnya anda membeli sebuah produk di Indonesia, maka anda bisa mengklaim garansinya di Singapore atau negara  lain. Dalam catatan, asalkan Singapore termasuk ke dalam negara edar dari perusahaan produk barang yang kita beli sebelumnya di tanah air. (why)