Jangan Terima GIF Sembarangan! Hacker Bisa Bertindak!

Topsell – Jika kamu pengguna Whatsapp, mungkin saatnya kamu harus update untuk versi terbarunya karena seorang peneliti keamanan telah menemukan celah para hecker untuk mencuri data penggunanya. Dengan cara mengirimkan GIF yang sudah berisi malwere. Platform milik Facebook tersebut telah mengklaim jika masalah ini karena sebuah bug yang bernama ‘Double-Free’ yang membuat hacker membuka vektor eksploit untuk mendapatkan akses ke perangkat.

Eksploit tampaknya mempengaruhi terutama perangkat Android. “Eksploitasi bekerja dengan baik untuk Android 8.1 dan 9.0, tapi tidak bekerja untuk Android 8.0 dan di bawahnya,” tulis Awakened. Di versi Android yang lebih lama, double-free masih bisa dipicu. Bahkan, double free diklaim masuk ke dalam galeri pengguna. Dengan cara pertama, dengan mengirimkan GIF kepada korban, didalam GIF tersebut sudah berisi file berbahaya/malware. Kedua, korban menyimpan GIF tersebut sehingga otomatis perentas sudah dapat izin akses untuk masuk.

Untuk pengguna Whatsapp versi lama disarankan untuk mengupdate ke versi yang baru yaitu Whatsapp versi 2.19.244 untuk lebih aman. Dan juga untuk lebih aman lagi pengguna jangan sembarangan membuka GIF ataupun lainnya dari obralan untuk menghindari kejahatan lainnya. (why)